Belajar Tentang Energi di Kantor Dinas ESDM Propinsi Jawa Tengah.

image

 

Hari ini menjadi hari menyenangkan bagi murid kelas III, karena mereka belajar di luar kelas, di suasana baru. Bapak – Ibu Guru mengajak belajar tentang energi di kantor Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Propinsi Jawa Tengah di Jln Madukoro Semarang. Kegiatan ini dalam rangka puncak tema term 3 tentang Hemat Energi.
Sebanyak 150 murid kelas III SDI Al-Azhar 25 dan 15 guru pendamping diterima ramah oleh Ibu Eliana- Kabid EBT. Beliau mewakili Bapak Ir. Teguh Dwi Paryono,MT - Kepala Dinas yang sedang ada tugas penting sehingga tak dapat menemani para murid.
Acara dilanjutkan dengan pemaparan tentang macam-macam energi oleh Bapak Haryanto. Namun sebelumnya, Pak Hary mengajak para murid untuk doa belajar bersama. Adis murid kelas 3C beranikan diri untuk memimpin doa. 
Setelah diterangkan berbagai macam energi dengan tayangan menarik, Pak Hary memberi kesempatan bertanya. Tentu saja kesempatan ini mendapat antusias para murid. Bagas, Fia, Kian, Danis langsung ajukan pertanyaan. Di akhir session, pak Hary gantian beri berbagai pertanyaan kepada murid.
Usai session pak Hary, giliran mas Tunggul menerangkan sekilas tentang bagaimana menghemat energi dan mengapa energi harus dihemat. Acara semakin meriah ketika mas Tunggul memberi pertanyaan sederhana sekitar hemat energi. Woow, anak-anak sangat bersemangat menjawab, apalagi telah disiapkan hadiah bagi yang menjawab benar. Luar biasa, murid SD Islam Al-Azhar 25 memang sungguh murid pembelajar.
Usai pemaparan dan tanya jawab, kegiatan ditutup dengan tukar menukar cindera mata. Kantor ESDM memberikan cindera mata berupa aneka macam batuan alam. Cendera mata ini diserahkan oleh Ibu Eliana ke Pak Iwan selaku Wakil Kepala SDI Al-Azhar 25 Semarang
Di akhir kegiatan, rombongan diajak melihat langsung contoh Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang telah terpasang di halaman kantor Dinas ESDM. Selain itu juga melihat contoh replika pompa galian minyak yang dinamakan Sucker Rod Pump (SRP) atau Pompa Angguk.
Dengan kegiatan ini diharapkan bertambahnya wawasan pengetahuan murid tentang energi. Sehingga mereka bisa menggunakan secara bijak dan kelak juga bisa mengembangkan energi baru yang terbarui. (Bu Tina)

 

 


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 1+8+5

INFORMASI
image

SD ISLAM AL AZHAR 25 SEMARANG

 

Terakreditasi A

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Jawa Tengah

Nomor : 130/BAP-SM/X/2012

 

Berada di bawah Naungan :

YPI AL-FIKRI SEMARANG

Jl. W.R. Supratman Kav. 31-32

Semarang

 

Dan di bawah Pengawasan :

YPI AL-AZHAR JAKARTA

Kompleks Masjid Agung Al-Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru 

Jakarta Selatan 12110

SUMBER BELAJAR
LINK
Copyright © 2017 Pusat Sumber Belajar 25 · All Rights Reserved